Menyalinkode AMP

Ternyata Tidur Bareng Kucing Itu Gak Baik Bagi Kesehatan

 





Duniahewan, Pecinta kucing tak akan keberatan menghabiskan setiap detik waktunya untuk bermain bersama hewan berbulu yang satu ini. Namun, bagaimana dengan tidur bersama kucing? Mengingat kucing adalah hewan nokturnal dan mengklaim teritori, ada risiko menghabiskan waktu sepanjang malam.

Memang benar bahwa ketika berada dekat dengan kucing, dengkuran khasnya mengeluarkan ritme yang menenangkan. Ini dapat membantu seseorang tertidur lebih cepat. Namun, pertimbangkan dulu beberapa hal sebelum tidur bersama kucing.

ADAPUN DAMPAK NEGATIF TIDUR BARENG KUCING

Tidak berlebihan jika seseorang bisa merasa lebih tenang ketika tidur bersama kucing. Kedekatan ini akan memberikan rasa aman baik secara emosional maupun fisik. Tidak menutup kemungkinan, stres yang dialami setelah seharian beraktivitas akan berkurang karena tidur bersama kucing.

Namun di sisi lain, ada hal negatif yang perlu diantisipasi seperti:

1. Tidur terganggu

Kucing adalah hewan nokturnal atau yang lebih aktif di malam hari. Artinya, ada kemungkinan tidur mengalami interupsi setiap beberapa jam sekali. Pola tidur dan terjaga manusia berbeda dengan kucing, hal ini bisa menjadi kontraproduktif.

2. Potensi alergi

Bulu kucing berpotensi menjadi tempat hinggapnya kutu. Ketika tidur bersama kucing, artinya manusia berada sangat dekat dalam waktu lebih dari 7 jam. Sangat mungkin kutu ini berpindah dan menggigit sehingga menimbulkan reaksi alergi. Gigitan serangga ini bisa menyebabkan rasa nyeri dan gatal.

3. Tidak aman untuk bayi

Jika orangtua terlintas untuk membiarkan bayi mereka tidur bersama kucing karena kedekatan keduanya, sebaiknya pikirkan dua kali. Selalu ada kemungkinan kucing tanpa sengaja membuat bayi kesulitan bernapas. Contohnya ketika kucing berbaring di wajah atau dada bayi.

Ketika terkaget karena tangisan bayi pun, kucing bisa bereaksi dengan mencakar atau menggigit sebelum loncat dari tempat tidur. Luka terbuka pada bayi akibat cakaran kucing ini bisa menjadi pintu masuk penularan penyakit.

4. Muncul rasa dominasi

Tak hanya manusia, hewan juga memiliki insting dominasi. Utamanya kucing, mereka menentukan dominasi berdasarkan teritori yang dikuasai. Apabila sering berada di kamar tidur tuannya, akan muncul rasa menguasai teritori itu.

Ketika ada orang asing yang masuk ke kamar tidur, mungkin saja akan muncul rasa gelisah. Bukan tidak mungkin, rasa gelisah ini akan membuat kucing berlaku agresif seperti menyerang orang asing itu.

Hal ini juga berlaku ketika pemiliknya membawa hewan peliharaan lain ke kamar. Kucing bisa bertengkar dengan hewan baru yang dinilai masuk ke teritorinya.

5. Tertular kucing sakit

Tak hanya kucing liar saja yang rentan sakit, kucing peliharaan di rumah pun bisa mengalami hal yang sama. Ketika kucing menunjukkan gejala sakit seperti kerontokan bulu, ruam di kulitnya, bersin, batuk, mual, diare, hingga tampak lesu, sebaiknya jaga jarak dengan manusia.

Jika gejala itu muncul, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mengantisipasi penularan penyakit. Masalah kesehatan kucing tak hanya mengancam dirinya saja, tapi bisa juga menular pada manusia.


Comments

  1. hoaxs saya bersama keluarga isteri dan anak tidur sama kucing seranjang sudah 20 thn sekarang kucing yg kedua , penjelasan anda diatas sama sekali tidak ada yang terbukti .

    ReplyDelete
  2. Celakanya kucing bisa kesepak atau tertindih badan manusia kl kucingnya pindah pisisi tidur tanpa tuanya kucing itu mengetahuinya. Bahkan ada pengalaman kucing mati di tempat tidur tuanya di pagi hari, bisa jd krn ada bagian sensitif kucing yg tertindih atau pun terkena pukulan keras tanpa tuannya itu sadari dan kucing tsb mati seketika di tempat tidur. Jd kl tidur dgn kucing kesayangan janganlah terlalu berlama-lama,,, apalagi sampai terlalu pulas tidurnya. Pengalaman sy sendiri resikonya adlh kucingnya b.a.b di tempat tidur dan gilanya lagi terkena wajah sy krn tidur terlalu pulas & tdk mendengar ingin minta keluar dr kamar tidur. Hal itu terjadi lebih dr 25 thn yg lalu. Kl mau tidur dgn kucing pastikan di kamar tidur terhubung langsung dgn kmr mandi/ wc . Dan jg hrs dgn kucing yg cerdas yg sdh terlatih b.a.b di wc 🙏 Salam Sehat utk Admin & semua pemirsa yg budiman.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kucing Ini Ngambek Setelah Bulunya Dipotong

Tanda Kucing Sudah Mengganggap Kita Sebagai Majikannya

Bercanda dengan kucing oren, cewek ini alami kejadian yang tak terlupakan

Apa Alasan Kucing Tega Memakan Anaknya Sendiri Ketika Baru Lahir ?

Baru Pindahan, Keluarga ini Kaget Menemukan Kucing Langka Dibalik Dinding Rumahnya

Blossom, Kucing Murah Senyum Yang Mendadak Viral