Skip to main content

Featured

Kisah Kucing Ini Menginspirasi Ribuan Orang untuk Membantu Hewan Teraniaya

Duniahewan.net  - Philadelphia mungkin kota yang tangguh dalam banyak hal, tetapi di balik gemerlapnya ada hati emas. Maret lalu, kasus penyiksaan hewan yang mengerikan terekam dalam film. Video itu menunjukkan dua pemuda mengikat sepasang anjing dengan kucing tetangga yang dikenal sebagai Buddy di lingkungan East Frankford. Anjing itu menganiaya kucing itu dengan mengerikan sampai seorang tetangga melihat apa yang terjadi dan menyelamatkannya. Remaja berusia 12 dan 17 tahun ditangkap karena kekejaman terhadap hewan, dan anjing mereka disita oleh SPCA Pennsylvania (PSPCA). PSPCA juga mengambil alih perawatan Buddy, yang berada di ambang kematian saat dipindahkan ke fasilitas veteriner darurat BluePearl. Kucing itu syok, tidak responsif, dan pendarahan internal. Dokter hewan tidak yakin dia akan berhasil, tetapi mereka segera mengetahui bahwa Buddy adalah pejuang! Setelah kejahatan yang mengejutkan itu menjadi viral, orang-orang di Kota Philadelphia b

Advertisement

Advertisement

Jadi Ini Fungsi Dari Kumis Kucing

 





Duniahewan, Mungkin sebagian besar orang sudah mengerti fungsi kumis pada kucing adalah untuk membantu kucing mengira-ngira apakah ia dapat melewati sebuah lubang sempit atau tidak.

 Namun apakah sebenarnya manfaat kumis pada kucing? 

Kumis pada kucing atau yang juga biasa disebut sebagai rambut taktil ini tebalnya dua kali bulu biasa, sebenarnya rambut taktil ini tidak hanya berwujud sebagai kumis saja. 

Rambut taktil ini juga terdapat pada bagian atas mata dan bagian belakang kaki depan.  Kumis yang terdapat di pipi kucing ini memiliki nama teknis vibrissae. 

Fungisnya adalah sebagai semacam sensor untuk berkomunikasi antar kucing. Rambut yang lebih tebal ini adalah reseptor yang sensitif dan tersambung dengan sistem saraf kucing. 

Kumis kucing sangat berharga bagi kucing, jika kumis tersebut dipotong, itu akan menyakitkan, mengganggu kemampuan berburu dan navigasi si kucing.   

Berikut ini adalah fungsi krusial kumis pada kucing:  

1. ALAT BANTU BERBURU

Ketika kucing telah menangkap mangsanya, kumis pada kakinya akan membantu menentukan apakah ada pergerakan dari mangsa yang telah ditangkap. Selain itu, karena kucing tidak dapat melihat dengan baik dalam jarak dekat, kumis tersebut membantu menentukan posisi mangsa serta membantu untuk memberikan gigitan yang mematikan pada mangsanya.

2. INDIKATOR MOOD KUCING

Kumis kucing juga dapat mencerminkan suasana hati si kucing. Ketika kumis kucing menggantung bebas di kedua sisinya, artinya si kucing sedang santai. Ketika kucing bersiap untuk bertarung atau sedang ketakutan, kumisnya akan diratakan dengan wajahnya untuk mencegah kerusakan pada kumisnya. Ketika si kucing sedang waspada atau berburu, kumisnya akan menghadap ke depan untuk membantu mendeteksi mangsanya. 

3. ALAT NAVIGASI

Kumis kucing sangat sensitif sehingga dapat membantu kucing dalam mendeteksi perubahan aliran udara. Kemampuan ini membantu sistem navigasi kucing dalam lingkungan yang gelap. Kucing menggunakan kumisnya seperti tambahan lengan untuk merasakan objek dalam kegelapan. Dengan merasakan perubahan arus udara, kucing dapat menghindari menabrak suatu objek dalam kegelapan. Kemampuan untuk mendeteksi arus udara ini juga membantu kucing ketika berburu, karena kucing dapat mendeteksi gerakan cepat mangsanya.

4. MELINDUNGI MATA

Kumis yang berada di atas mata membantu kucing ketika berburu di rerumputan atau daerah yang lebat. Kumis ini akan memicu mata kucing untuk berkedip saat tersentuh sesuatu, untuk menghindari mata dari ranting atau cabang pohon ketika si kucing berlari. Kumis ini berguna juga ketika sedang melakukan kontak fisik dengan makhluk lain, jadi jika kumis ini tersentuh, si kucing akan mengedipkan matanya.




Comments

Advertisement