Menyalinkode AMP

Ras Kucing Dengan Genetik Aneh Tapi Menarik


 



Duniahewan, kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling banyak diminati saat ini, Tak jarang orang rela mengeluarkan banyak uang untuk sekedar mencari dan membeli kucing idamannya.

Kalian pasti sudah pada tahu bahwa kucing memiliki banyak ras yang unik-unik, Nah pada artikel kali ini akan membahas ras kucing yang memiliki keturunan genetik yang aneh tetapi banyak peminatnya.

1. KUCING SCOTTISH FOLD





Kucing Scottish Fold mempunyai ciri khas ke dua telinga melipat, hal ini menjadi keunikan tersendiri pada Kucing yang berasal dari negara asal Scotlandia. Kucing Scootish Fold di claim mengalami mutasi genetika permanent dengan sejarah yang panjang. Kucing Scottish sendiri tidak selalu melahirkan anak dengan kondisi telinga melipat, ada yang telinga normal yang bisa kita sebut sebagai Kucing Scottish Straight.

Aturan dalam Breeding (Perkimpoian) kucing Scottish Fold adalah tidak diperbolehkan mengawinkan dua kucing Scottish Fold yang sama-sama memiliki telinga yang melipat. Hasil perkimpoian tersebut akan menghasilkan anak kucing yang sebagian besar bertelinga melipat. Namun kemungkinan besar mereka akan memiliki kelainan genetik yang dapat mengancam masa hidupnya. Kucing Scottish Fold (dengan telinga melipat) biasanya akan dikimpoikan dengan Scottish Straight (Scottish Fold dengan telinga normal) untuk mengasilkan gen yang baik. Scottish Straight memiliki gen telinga melipat dari induk mereka yang akan dibawa pada generasi Scottish Fold berikutnya. Scottish Straight juga jarang mendapatkan penyakit yang terkait dengan gen Scottish Fold yang bertelinga melipat. Kucing Scottish Fold bisa di Breeding dengan Kucing BSH (British Short Hair) dengan catatan anakannya yang mendapatkan telinga normal tidak bisa di klaim sebagai Kucing BSH, melainkan Scottish Straight.


2. KUCING MUNCHKIN





Kucing Munchkin mempunyai ciri khas dengan berkaki pendek, tentunya Kucing Ras ini menjadi unik akan hal tersebut, dan kaki pendeknya tersebut di klaim hasil mutasi genetik alami. Dan Kucing Munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di Dunia. Menurut seorang ahli genetik dari TICA, Dr. Solveig Pflueger, bahwa kaki pendek pada ras Munchkin disebabkan oleh mutasi gen autosom dominant. Pada penelitiannya selama 7 tahun, tidak pernah ditemukan gangguan tulang pada anak kucing Munchkin yang dapat menyebabkan cacat atau kematian. Gen dari kucing Munchkin yang bersifat autosomal dominan maksudnya yaitu Munchkin hanya perlu mendapatkan satu gen abnormal dari salah satu induknya untuk mendapatkan Munchkin berkaki pendek (Mm). Sehingga embrio yang membawa dua gen abnormal (MM) dari induknya tidak akan berkembang dalam rahim. Umumnya bayi pada kelahiran Munchkin ada yang berkaki pendek (Mm) dan ada yang berkaki normal (mm, Munchkin non-standar). Munchkin yang memiliki gen heterozigot (Mm) akan meneruskan sifat kaki pendek pada generasi berikutnya. Namun Munchkin yang lahir normal (mm) tidak dapat menurunkan sifat kaki yang pendek pada generasi berikutnya.


3. KUCING SPHYNX





Kucing Sphynx (dahulu bernama Canadian hairless) adalah salah satu ras kucing yang memiliki bulu sangat pendek dan sedikit sekali. Kalau Agan/Sista lihat sepintas, pasti akan mengira bahwa kucing ini tidak berbulu, padahal ada bulunya lhoh. Kucing Ras asal Kanada ini adalah hasil dari Rekayasa Genetik. Kucing ini bisa menjadi alternatif untuk Agan/Sista yang suka kucing namun tidak mau repot-repot untuk masalah bulu. Namun begitu bukan berarti Kucing ini tidak butuh perawatan kulit ya. Tapi tenang, perawatan kulitnya tidak susah-susah banget kok, agan cukup menyediakan Tisu Basah untuk membersihkan badan Kucing Sphynx ini.


4. KUCING MAINE COON





Kucing Mainecoon mendapat julukan The Giant Gantle Cat, ya karena emang salah satu keunikan dari kucing ras asal Amerika Serikat ini dengan postur tubuhnya yang 2x lipat lebih besar dari kucing biasa pada umumnya. Bukan hanya dengan badan yang besar, kucing Mainecoon dibekali dengan bulu lebat pada bagian leher sehingga membuat kucing ini terlihat seperti Singa (Little Lion). Kucing Mainecoon inipun di klaim Genetik Ras Murni dari beberapa narasumber, namun tidak sedikit yang menyatakan bahwa Kucing Besar ini hasil persilangan dari Kucing Ras Angora dan Norwegian Forest Cat, tapi belum bisa menjadi dasaran kuat mengingat Kucing Mainecoon lebih besar dari Kucing Angora ataupun Norwegian Forest Cat. Hal lain yang unik dari Kucing Mainecoon ini adalah Kucing ini type pemburu, karena konon jenis kucing ini digunakan para petani di daerah Maine (Suatu daerah di Amerika) untuk menjaga Lumbung mereka dari tikus.

Comments

Popular posts from this blog

Kucing Ini Ngambek Setelah Bulunya Dipotong

Tanda Kucing Sudah Mengganggap Kita Sebagai Majikannya

Bercanda dengan kucing oren, cewek ini alami kejadian yang tak terlupakan

Apa Alasan Kucing Tega Memakan Anaknya Sendiri Ketika Baru Lahir ?

Baru Pindahan, Keluarga ini Kaget Menemukan Kucing Langka Dibalik Dinding Rumahnya

Blossom, Kucing Murah Senyum Yang Mendadak Viral