Skip to main content

Featured

Kisah Kucing Ini Menginspirasi Ribuan Orang untuk Membantu Hewan Teraniaya

Duniahewan.net  - Philadelphia mungkin kota yang tangguh dalam banyak hal, tetapi di balik gemerlapnya ada hati emas. Maret lalu, kasus penyiksaan hewan yang mengerikan terekam dalam film. Video itu menunjukkan dua pemuda mengikat sepasang anjing dengan kucing tetangga yang dikenal sebagai Buddy di lingkungan East Frankford. Anjing itu menganiaya kucing itu dengan mengerikan sampai seorang tetangga melihat apa yang terjadi dan menyelamatkannya. Remaja berusia 12 dan 17 tahun ditangkap karena kekejaman terhadap hewan, dan anjing mereka disita oleh SPCA Pennsylvania (PSPCA). PSPCA juga mengambil alih perawatan Buddy, yang berada di ambang kematian saat dipindahkan ke fasilitas veteriner darurat BluePearl. Kucing itu syok, tidak responsif, dan pendarahan internal. Dokter hewan tidak yakin dia akan berhasil, tetapi mereka segera mengetahui bahwa Buddy adalah pejuang! Setelah kejahatan yang mengejutkan itu menjadi viral, orang-orang di Kota Philadelphia b

Advertisement

Advertisement

Ternyata Begini Mata Kucing Memandang Dunia


 



Duniahewan, Keberadaan mamalia menggemaskan yang satu ini cukup mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain dikenal akan kelincahannya dalam berburu mangsa, lompatannya yang mengagumkan, dan menjadi teman curhat yang setia buat para jomblo, keistimewaan kucing juga terletak pada kedua matanya.

Banyak yang beredar di masyarakat kita yang menyatakan kalau penglihatan kucing ternyata jauh lebih tajam dibandingkan dengan penglihatan manusia.

Benarkah demikian? Memangnya seperti apa sih gambaran dunia di sekeliling kita jika dilihat melalui mata kucing?

Mampu melihat dengan baik walaupun intensitas cahaya rendah

Kucing tidak dapat melihat dalam kegelapan total, tetapi mereka memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan manusia saat melihat dengan intensitas cahaya rendah. Hal ini dikarenakan sel peka cahaya (rod cell)pada mata kucing berjumlah 6-8 kali lebih banyak.

Selain itu, ada sejenis lapisan bernama tapetum lucidum yang terdapat di belakang retina mata kucing. Lapisan ini mampu menyesuaikan gelombang cahaya sehingga objek yang diamati kucing menjadi lebih jelas. Oleh karena lapisan ini juga, mata kucing seakan-akan bersinar dalam kegelapan.

Memiliki bidang visual yang lebih besar

Bidang visual pada mata kucing mencapai 200 derajat, sedangkan bidang visual pada mata manusia hanya 180 derajat. Artinya, kucing tidak perlu menolehkan kepalanya untuk melihat objek yang terletak di sampingnya (selama objek tersebut masih berada dalam jangkauan bidang visual). Area pandangan samping kucing juga lebih luas sehingga bisa mengenali objek yang terletak di sudut wilayah pandangan mereka.

Terbatas dalam mengenali warna

Mata manusia mempunyai 3 tipe sel penerima cahaya (cone cell)yang membantu kita untuk melihat spektrum warna lebih luas dan fokus terhadap warna merah, hijau, dan biru (red, green, and blue, disingkat RGB).

 Mata kucing juga mengandung 3 tipe cone cell, namun jumlah dan distribusi masing-masing sel sangat berbeda. Hasilnya, kucing tidak bisa melihat warna yang sama seperti yang kita lihat secara umum. Bagi kucing, warna merah akan terlihat seperti hijau, sedangkan warna ungu akan terlihat seperti biru.

Mengalami miopi (rabun jauh)

Rupanya, kucing itu rabun jauh gan! Mereka sulit melihat benda-benda dengan jelas yang jaraknya lebih dari 6 meter. Kucing tidak memiliki otot mata yang berfungsi mengubah lensa untuk mengenali objek pada jarak jauh.

Sulit melihat gerakan benda yang sangat lambat

Menariknya lagi, kucing ternyata mengalami kesulitan mengamati gerakan objek yang sangat lambat. Bagi mereka, objek yang bergerak tersebut hanya tampak diam, seolah-olah tidak bergerak sama sekali.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai mata dan penglihatan kucing. Jika agan mempunyai pendapat dan pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar ya.


Comments

Advertisement