Menyalinkode AMP

Ternyata Mangkuk Kucing Yang Kotor Adalah sumber Penyakit Bagi Kucing

 




Duniahewan, Tahukah Anda? Menurut NSF International yang merupakan organisasi kesehatan dan keselamatan publik, mangkuk hewan peliharaan adalah benda dengan jumlah kuman terbanyak keempat di rumah. Bagi pemilik kucing yang ingin hewan peliharaannya terbebas dari gangguan kesehatan, saatnya buang rasa malas untuk membersihkan wadah makannya dengan beberapa tips ini.

1. PEMILIHAN WADAH YANG TEPAT

Saat memilih wadah makan dan minum bagi kucing, pastikan untuk menjauhi pilihan bahan plastik. Pori-porinya yang besar, terutama di bagian tepi, dapat menyimpan sisa makanan, sehingga kotoran akan berpindah ke dagu kucing yang nantinya dapat memicu jerawat.

Pilihan terbaik adalah mangkuk baja tahan karat yang kuat dan mudah dibersihkan. Selain itu, mangkuk tidak berpori lainnya seperti logam, kaca, atau keramik juga bisa dijadikan alternatif wadah makan kucing kesayangan.

2. SARANG BAKTERI MENJADI SUMBER PENYAKIT

Siapa sangka, mangkuk kucing yang tampak bersih ternyata punya fakta menjijikkan yang bisa bikin hewan peliharaanmu sakit. Apalagi jika anabulmu sering diberi makan mentah atau bertekstur lembap, wadah makannya akan menjadi lingkungan tepat bagi pertumbuhan bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella. Wadah makan yang kurang bersih ini dapat menyebabkan infeksi dan gangguan saluran cerna pada kucing.

3.  PERHATIKAN JUGA WADAH MINUMNYA

Kucingmu jarang minum dari mangkuk dan lebih suka air kran? Coba perhatikan apakah airnya jarang diganti dan bikin kucing enggan meminumnya.

Selain berisiko mengalami dehidrasi, anabul yang malas minum juga rentan terkena infeksi saluran kemih. Selain rutin membersihkan wadah air dan menggantinya, pastikan untuk memilih bentuk wadah yang dangkal dengan air yang cukup tinggi untuk memudahkan kucing minum, tanpa membenturkan kumis di tepiannya.

4. WAJIB CUCI SETELAH MAKAN

Seperti manusia, mangkuk makanan kucing juga harus dicuci setiap selesai makan. Jangan menunda untuk membersihkannya dengan sabun dan air panas setiap hari. Biarkan kering dengan sendirinya, baru gunakan kembali untuk sesi makan selanjutnya. Seminggu sekali, saatnya memberikan perlakuan khusus dengan merendamnya selama 10 menit dalam larutan disinfektan.

Setelah mencuci wadah makan, jangan lupa juga untuk membersihkan bak cuci piring dengan menggunakan disinfektan untuk mengurangi risiko terkena bakteri. 


Comments

Popular posts from this blog

Kucing Ini Ngambek Setelah Bulunya Dipotong

Tanda Kucing Sudah Mengganggap Kita Sebagai Majikannya

Bercanda dengan kucing oren, cewek ini alami kejadian yang tak terlupakan

Apa Alasan Kucing Tega Memakan Anaknya Sendiri Ketika Baru Lahir ?

Baru Pindahan, Keluarga ini Kaget Menemukan Kucing Langka Dibalik Dinding Rumahnya

Blossom, Kucing Murah Senyum Yang Mendadak Viral