Menyalinkode AMP

Kisah Felicette, Kucing Pertama Yang Terbang ke Luar Angkasa


Duniahewan.net - Anda pasti kenal manusia pertama yang melangkahkan kakinya di bulan, namun tahukah Anda bahwa ada kucing pertama yang sempat terbang ke luar angkasa?  Felicette namanya. Keberadaan kucing ini seolah terkubur sejarah, dilupakan dan tidak banyak yang mengetahui kisahnya.

Felicette mengudara tepatnya pada 18 Oktober 1963, pukul 8.09 pagi hari. Felicette diterbangkan dengan roket Veronique AGI 47 yang dibuat di Vernon, Haute-Normandie, dan diluncurkan dari gurun Sahara.

Proses diterbangkannya Felicette merupakan proyek besutan Centre National d'Etudes Spatiales (CNES) alias NASA-nya Prancis. Felicette berhasil dipilih dari belasan ekor kucing lainnya yang mengikuti serangkaian tes, seperti kemampuan menahan putaran saat roket meluncur. 

Penerbangannya sendiri tidak berlangsung lama. Felicette hanya mengudara selama 15 menit di ketinggian 156 kilometer dari permukaan bumi. Felicette berhasil mendarat dengan selamat setelah kapsul yang ditumpanginya meluncur kembali ke bumi menggunakan parasut.

Sayangnya, hidup Felicette tidak bertahan lama. Kucing yang dijuluki Astro Cat ini disuntik mati tiga bulan setelah penerbangannya ke luar angkasa. Proses euthanasia ini dilakukan agar para ilmuwan dapat meneliti kondisi implan otak Felicette melalui otopsi.

Walau namanya tidak sepopuler Laika, anjing pertama yang terbang ke luar angkasa, Felicette berhasil menarik perhatian sejumlah orang. 

Salah satunya Matthew Serge Guy, creative director dari Anomaly London yang menggelar kampanye penggalangan dana sebesar $52.439 atau sekitar Rp697 juta yang nantinya akan digunakan untuk membangun patung Felicette. 

Matthew mengakui, ia menggagas ide ini karena tergerak akan kisah Felicette yang seolah terlupakan.

"Sekitar enam bulan lalu, saya menemukan sebuah handuk di dapur kantor. Handuk ini bertuliskan hari jadi ke-50 kucing yang pergi ke luar angkasa," ungkap Matthew seperti dilansir Huffington Post. "Sayangnya, tidak disebutkan siapa nama kucing ini. Bahkan gambarnya saja tidak mirip Felicette."

Penasaran, Matthew pun mencari tahu seputar kucing pemberani ini dan langsung tergerak akan kisahnya. Matthew mengaku sedih melihat Felicette seperti dilupakan dari sejarah. Dilansir dari laman LeDauphine, bahkan beberapa sumber sempat salah mengidentifikasi Felicette sebagai kucing jantan bernama Felix.

Seperti dicantumkan dalam kampanyenya di laman Kickstarter, Matthew akan menggandeng Gill Parker, seniman yang kerap membuat patung hewan. Matthew berharap, Gill mampu membangkitkan sosok Felicette ke dalam bentuk patung yang kaya akan detail. Patung kucing pemberani ini akan disimpan di kampung halaman Felicette, di kota Paris.

Sumber Referensi : Gizmodo


Comments

Popular posts from this blog

Kucing Ini Ngambek Setelah Bulunya Dipotong

Tanda Kucing Sudah Mengganggap Kita Sebagai Majikannya

Bercanda dengan kucing oren, cewek ini alami kejadian yang tak terlupakan

Apa Alasan Kucing Tega Memakan Anaknya Sendiri Ketika Baru Lahir ?

Baru Pindahan, Keluarga ini Kaget Menemukan Kucing Langka Dibalik Dinding Rumahnya

Blossom, Kucing Murah Senyum Yang Mendadak Viral