Skip to main content

Featured

Kisah Kucing Ini Menginspirasi Ribuan Orang untuk Membantu Hewan Teraniaya

Duniahewan.net  - Philadelphia mungkin kota yang tangguh dalam banyak hal, tetapi di balik gemerlapnya ada hati emas. Maret lalu, kasus penyiksaan hewan yang mengerikan terekam dalam film. Video itu menunjukkan dua pemuda mengikat sepasang anjing dengan kucing tetangga yang dikenal sebagai Buddy di lingkungan East Frankford. Anjing itu menganiaya kucing itu dengan mengerikan sampai seorang tetangga melihat apa yang terjadi dan menyelamatkannya. Remaja berusia 12 dan 17 tahun ditangkap karena kekejaman terhadap hewan, dan anjing mereka disita oleh SPCA Pennsylvania (PSPCA). PSPCA juga mengambil alih perawatan Buddy, yang berada di ambang kematian saat dipindahkan ke fasilitas veteriner darurat BluePearl. Kucing itu syok, tidak responsif, dan pendarahan internal. Dokter hewan tidak yakin dia akan berhasil, tetapi mereka segera mengetahui bahwa Buddy adalah pejuang! Setelah kejahatan yang mengejutkan itu menjadi viral, orang-orang di Kota Philadelphia b

Advertisement

Advertisement

Kisah Felicette, Kucing Pertama Yang Terbang ke Luar Angkasa


Duniahewan.net - Anda pasti kenal manusia pertama yang melangkahkan kakinya di bulan, namun tahukah Anda bahwa ada kucing pertama yang sempat terbang ke luar angkasa?  Felicette namanya. Keberadaan kucing ini seolah terkubur sejarah, dilupakan dan tidak banyak yang mengetahui kisahnya.

Felicette mengudara tepatnya pada 18 Oktober 1963, pukul 8.09 pagi hari. Felicette diterbangkan dengan roket Veronique AGI 47 yang dibuat di Vernon, Haute-Normandie, dan diluncurkan dari gurun Sahara.

Proses diterbangkannya Felicette merupakan proyek besutan Centre National d'Etudes Spatiales (CNES) alias NASA-nya Prancis. Felicette berhasil dipilih dari belasan ekor kucing lainnya yang mengikuti serangkaian tes, seperti kemampuan menahan putaran saat roket meluncur. 

Penerbangannya sendiri tidak berlangsung lama. Felicette hanya mengudara selama 15 menit di ketinggian 156 kilometer dari permukaan bumi. Felicette berhasil mendarat dengan selamat setelah kapsul yang ditumpanginya meluncur kembali ke bumi menggunakan parasut.

Sayangnya, hidup Felicette tidak bertahan lama. Kucing yang dijuluki Astro Cat ini disuntik mati tiga bulan setelah penerbangannya ke luar angkasa. Proses euthanasia ini dilakukan agar para ilmuwan dapat meneliti kondisi implan otak Felicette melalui otopsi.

Walau namanya tidak sepopuler Laika, anjing pertama yang terbang ke luar angkasa, Felicette berhasil menarik perhatian sejumlah orang. 

Salah satunya Matthew Serge Guy, creative director dari Anomaly London yang menggelar kampanye penggalangan dana sebesar $52.439 atau sekitar Rp697 juta yang nantinya akan digunakan untuk membangun patung Felicette. 

Matthew mengakui, ia menggagas ide ini karena tergerak akan kisah Felicette yang seolah terlupakan.

"Sekitar enam bulan lalu, saya menemukan sebuah handuk di dapur kantor. Handuk ini bertuliskan hari jadi ke-50 kucing yang pergi ke luar angkasa," ungkap Matthew seperti dilansir Huffington Post. "Sayangnya, tidak disebutkan siapa nama kucing ini. Bahkan gambarnya saja tidak mirip Felicette."

Penasaran, Matthew pun mencari tahu seputar kucing pemberani ini dan langsung tergerak akan kisahnya. Matthew mengaku sedih melihat Felicette seperti dilupakan dari sejarah. Dilansir dari laman LeDauphine, bahkan beberapa sumber sempat salah mengidentifikasi Felicette sebagai kucing jantan bernama Felix.

Seperti dicantumkan dalam kampanyenya di laman Kickstarter, Matthew akan menggandeng Gill Parker, seniman yang kerap membuat patung hewan. Matthew berharap, Gill mampu membangkitkan sosok Felicette ke dalam bentuk patung yang kaya akan detail. Patung kucing pemberani ini akan disimpan di kampung halaman Felicette, di kota Paris.

Sumber Referensi : Gizmodo


Comments

Advertisement