Menyalinkode AMP

Semangat Kucing Kecil Ini Melawan Penyakit Mematikan Tak Sia-sia


Duniahewan.net - Kucing bernama Jorah masih berusia empat minggu saat ditemukan. Ia hampir tak bisa merasakan wajahnya karena tertutupi kerak akibat penyakit scabies, demikian pula dengan sebagian badannya. Maka Jorah segera dirawat oleh penyelamatnya, Justin Bartlett Animal Rescue, di Royal Palm Beach, Florida.

Scabies merupakan penyakit kulit menular dari parasit atau sejenis kutu sarcopates atau tungau scabies. Mereka “menggali” ke bawah kulit untuk bertelur. Kucing akan merasa gatal yang luar biasa lalu menggaruk. Kulit yang terjangkiti telur kutu tampak seperti kulit mati yang mengeras. Beberapa pengobatan dilakukan dengan mengelupaskan kulit bagian atas lalu mengobati, agar obat dapat meresap ke dalam kulit secara maksimal.

Kucing penderita scabies harus dipisahkan dari kucing lainnya sebelum benar-benar sembuh, karena bersinggungan secara langsung, maupun alat dapat menularkan kutu tersebut. Termasuk pada manusia. 

Maka setiap selesai mengobati atau berinteraksi dengan kucing penderita scabies, diharuskan mencuci tangan, atau mengganti baju sebelum berinteraksi dengan kucing lainnya. Semua peralatan grooming pun harus direndam air panas sebelum dicuci guna menyakinkan tak ada kutu yang bersarang.

Tingkat penyembuhan scabies tergantung pada seberapa parah keadaan si kucing. Seperti pada Jorah yang harus melalui beberapa bulan untuk “meluruhkan” kerak di kulitnya.

 Dimana ia kembali bisa merasakan kulit wajahnya, bahkan memandikan diri dengan nyaman. Setelah sembuh, kucing juga masih harus “menunggu” kondisi kulit kembali normal, dimana bulu akan tumbuh kembali.

Bagi kucing kecil seperti Jorah, scabies langsung memengaruhi nafsu makan mereka. Rasa gatal yang menyiksa dapat membuat kucing menjadi depresi, terlebih kucing-kucing kecil yang belum dapat memandikan diri dengan seksama. 

Jorah dimandikan secara rutin dengan menggunakan obat kulit, dan mengonsumsi antibiotik. Ia juga dikenakan pakaian agar tidak menggaruk, meski si kecil Jorah lebih suka tak berbaju

Saat ini Jorah sudah sembuh dari scabies, ia menantikan keluarga yang akan menjemput pulang ke rumah barunya. Dimana ia terlindung dan terjaga dari berbagai penyakit yang menyebar di luar sana, Jorah akan mendapatkan kasih sayang yang selama ini diimpikannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kucing Ini Ngambek Setelah Bulunya Dipotong

Tanda Kucing Sudah Mengganggap Kita Sebagai Majikannya

Bercanda dengan kucing oren, cewek ini alami kejadian yang tak terlupakan

Apa Alasan Kucing Tega Memakan Anaknya Sendiri Ketika Baru Lahir ?

Baru Pindahan, Keluarga ini Kaget Menemukan Kucing Langka Dibalik Dinding Rumahnya

Blossom, Kucing Murah Senyum Yang Mendadak Viral