Anjing yang Membantu Menyelamatkan Koala Saat Kebakaran Hutan di Australia Mendapat Penghargaan


duniahewan.net - Kebakaran hutan di Australia menjelang akhir 2019 dan awal 2020 meninggalkan jejak kehancuran yang mengerikan bagi kehidupan dan harta benda.

Awalnya dilaporkan bahwa ribuan hewan asli Land Down Under telah mati dalam kebakaran hutan. Tetapi angka-angka ini terus meningkat setiap hari.

Diperkirakan kebakaran tersebut menghanguskan 18,6 juta hektar lahan, memusnahkan 5.000 bangunan, dan menewaskan sedikitnya 34 orang. Laporan juga mengklaim bahwa tiga miliar vertebrata darat yang sebagian besar adalah reptil – terpengaruh dan beberapa spesies yang terancam punah diyakini akan punah oleh kebakaran hutan.

Koala, yang selalu rentan terhadap kebakaran hutan karena pergerakannya yang lambat dan pohon eukaliptus yang mudah terbakar, mati dalam jumlah besar meskipun mencari perlindungan di cabang-cabang yang lebih tinggi.

Pada saat kebakaran hutan, gambar, dan video penyelamat memberi makan dan membantu koala yang terluka menjadi viral secara online.

Pada Juni 2020, komite parlemen New South Wales merilis laporan yang menyatakan bahwa koala dapat musnah dari negara bagian pada tahun 2050.

Sementara orang-orang melakukan bagian mereka dalam menyelamatkan hewan asli, seekor anjing bernama ‘Bear’ menjadi anjing pendeteksi untuk Anjing Deteksi untuk Konservasi dan mengendus ratusan koala yang terluka dan berlindung dalam kebakaran hutan.

Bear, seekor anjing campuran border collie-collie, ditinggalkan oleh mantan pemiliknya ketika dia masih kecil. Tetapi pada usia 6 tahun, dia menjadi penemuan sempurna untuk pekerjaan penyelamatan dan memenuhi semua persyaratan anjing pendeteksi.

“Dia dibawa untuk penilaian pada usia sekitar satu tahun. Dalam beberapa menit, tim tahu bahwa dia adalah “The One” yang mereka cari untuk dilatih dengan koala hidup. Dia berenergi tinggi, obsesif, tidak suka disentuh, dan sama sekali tidak tertarik pada orang,” kata Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) dalam sebuah pernyataan kepada People pada 2019.

Sekarang, karya pahlawan anjing itu telah dihormati dengan penghargaan besar.

Bear mendapat penghargaan Animal Action Awards oleh Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW).

“[Bear] mendapatkan penghargaan pengakuan khusus untuk usahanya yang tak kenal lelah dalam menemukan koala yang sakit dan terluka selama krisis besar,” kata IFAW dalam sebuah pernyataan.

“Semangatnya untuk peran itu terbukti dalam semua yang dia lakukan dan dia dikreditkan dengan menemukan lebih dari 100 koala selama kebakaran hutan Musim Panas Hitam Australia,” tambah pernyataan itu.

Sumber: timesnownews

Comments

Popular posts from this blog

Pria Mengadopsi 3 Anak Kucing Liar dan Terkejut Ketika Menemukan Bahwa Salah Satu Dari Mereka Adalah Kucing Langka

Anjing Ditinggalkan oleh Pemiliknya, Menyeret Barang Bawaannya dan Sebuah Catatan, Tulisan dalam Catatan Itu Membuat Netizen Segera Mengadopsinya

Anjing Corgi Ini Membuat Pemiliknya Ketakutan Saat Menemukan Dirinya di Dapur, Alhasil membuat netiZen ngakak