Inilah kucing busok, Kucing asli Indonesia yang viral di media sosial baru-baru ini


Duniahewan.net - Indonesia ternyata punya ras kucing asli dari Madura, Jawa Timur. Kucing ras asli Indonesia yang dimaksud adalah kucing Busok. Kuning ras merupakan satwa endemik yang berasal dari Pulau Raas, Sumenep, Madura Jawa Timur. Nama busok artinya abu-abu. Sebagaimana tubuh kucing busok asli yang didominasi warna abu-abu kebiruan.

Seperti dilansir dari idntimes, Kamis (10/11/22), beberapa ahli menyatakan kucing busok memiliki nenek moyang kucing korat. Asumsi ini berdasarkan pada warnanya yang kebiruan dan ujung ekor membengkok sebagaimana kucing Asia lainnya. Kucing raas memiliki warna solid.

Anda bisa menjumpai kucing raas berwarna kecokelatan, hitam, kebiruan, atau abu-abu. Namun, ada juga yang berwarna kombinasi. Ciri utamanya adalah mata hijau dan gelap dengan wajah serta telinga berbentuk segitiga. Kucing jenis ini memiliki ekor yang menekuk.

Jika dibanding kucing domestik, kucing raas memiliki tubuh lebih besar. Rata-rata ukuran fisiknya mencapai 60 sentimeter dengan berat hingga 6,8 kilogram. Sekilas, kamu bisa melihat ekspresi kucing busok yang jutek. Ekspresi tersebut mirip kepribadiannya, kucing busok termasuk ras yang energik dan ceria, tetapi kurang penyayang.

Post a Comment

Previous Post Next Post